Ketentuan Penggunaan

Pendahuluan

PT Cakra Jasa Pasific (selanjutnya disebut “MyPajero”) adalah suatu perseroan terbatas yang salah satu jenis usahanya bergerak di bidang jasa portal web. MyPajero dalam hal ini menyediakan Platform perdagangan elektronik (e-commerce) di mana Pengguna dapat melakukan transaksi jual-beli barang, pemesanan event dan menggunakan berbagai fitur serta layanan yang tersedia. Setiap pihak yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mengakses Platform MyPajero untuk kemudian membuka toko, menjual barang, membeli barang, memesan event, pengelolaan event menggunakan fitur/layanan, atau hanya sekadar mengakses/mengunjungi Platform MyPajero. Sebagai penunjang bisnis dan penyedia Platform perdagangan elektronik, MyPajero menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para Pengguna.

Aturan Penggunaan ini mengatur penggunaan seluruh layanan yang terdapat pada Platform MyPajero yang berlaku terhadap seluruh Pengguna dan terhadap setiap Pihak yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada MyPajero. Dengan mendaftar akun MyPajero dan/atau menggunakan Platform MyPajero, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Aturan Penggunaan.

ATURAN PENGGUNAAN INI MERUPAKAN BENTUK KESEPAKATAN YANG MERUPAKAN PERJANJIAN MENGIKAT ANTARA PENGGUNA DENGAN MYPAJERO. PENGGUNA SECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI KETENTUAN INI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DI PLATFORM MYPAJERO.

Definisi

Dalam Aturan Penggunaan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Pengguna adalah pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses Platform MyPajero, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli dan Penjual (Pelapak), mitra, user offline, klien yang mana wajib mematuhi Aturan Penggunaan MyPajero beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi MyPajero.
  2. Akun adalah data tentang Pengguna, minimum terdiri dari username, password, nomor telepon, dan email yang wajib diisi oleh Pengguna Terdaftar.
  3. Platform MyPajero adalah situs resmi www.mypajero.com dan seluruh microsite resmi beserta aplikasi resmi MyPajero (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna termasuk Afiliasi, pihak ketiga yang bekerjasama dengan MyPajero
  4. Barang adalah suatu objek yang memiliki wujud dan nilai jual beli yang memenuhi kriteria pengiriman pihak penyelenggara jasa ekspedisi pengiriman Barang.
  5. Event adalah suatu kegiatan yang bersifat komersial maupun tidak komersial yang diselenggarakan oleh Event Creator yang menggunakan jasa layanan Platform kami untuk menunjang kegiatan acara tersebut.
  6. Event Creator adalah setiap individu, perkumpulan, badan hukum, dan/atau berbagai badan hukum lainnya yang menyelenggarakan Event sebagai penyelenggara, promotor, panitia dan/atau pemilik yang bekerjasama dengan kami menggunakan layanan Platform kami termasuk namun tidak terbatas pada layanan yang kami sediakan di Situs.
  7. Layanan adalah secara kolektif: (i) Platform MyPajero; (ii) Konten, fitur, layanan, dan fungsi apa pun yang tersedia di atau melalui Platform oleh atau atas nama MyPajero, termasuk Layanan Partner; dan pemberitahuan email, tombol, widget, dan iklan termasuk kerjasama MyPajero dengan pihak ketiga untuk pengembangan aplikasi dan pengembangan kegiatan usaha MyPajero.
  8. Aturan Penggunaan adalah perjanjian antara Pengguna dan MyPajero yang berisi seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan MyPajero, serta tata cara penggunaan sistem layanan MyPajero.
  9. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan penjualan dan/atau penawaran Barang kepada para Pengguna melalui lapak di Platform MyPajero serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan MyPajero beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi MyPajero.
  10. Pembeli adalah Pengguna terdaftar atau tidak terdaftar yang melakukan pembelian Barang yang dijual oleh Penjual (Pelapak) di Platform MyPajero serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan MyPajero beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi MyPajero.
  11. MyPajero Payment System adalah sistem pembayaran yang difasilitasi oleh MyPajero untuk para Pengguna melakukan transaksi jual-beli di Platform MyPajero.
  12. Saldo adalah jumlah dana pada akun Pengguna setelah semua transaksi dan operasi perdagangan dihitung, termasuk untuk operasi nonperdagangan, yakni Penambahan Dana dan Penarikan dana. Saldo terdiri dari BukaDompet dan Dana.
  13. Toko adalah tempat dimana Penjual (Pelapak) dapat menawarkan dan/atau menjual barang dagangannya yang terdapat pada Platform MyPajero.
  14. Barang Terlarang adalah adalah barang yang dilarang diperdagangkan oleh Penjual (Pelapak) di Platform MyPajero berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan kebijakan internal MyPajero.
  15. Platform Distribusi Aplikasi yaitu layanan resmi yang dikembangkan dan dikelola oleh:
    • Apple Inc (dengan merek dagang “App Store”, untuk pengguna yang menggunakan perangkat iOS); dan/atau
    • Google LLC (dengan merek dagang “Google Play” untuk pengguna yang menggunakan perangkat Android); dan/atau
    • Platform Distribusi Aplikasi resmi lainnya yang dapat digunakan oleh Pengguna layanan untuk menjelajah dan mengunduh aplikasi yang tersedia di platform tersebut.
  16. Data / Informasi Pribadi adalah data terkait dengan Pengguna yang dapat teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sistem Elektronik dan/atau non elektronik

Layanan

  1. Platform
    • MyPajero mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna untuk melakukan penjualan, promosi, mengunggah konten, serta melakukan pembelian barang yang sesuai dengan Aturan Penggunaan MyPajero dengan alamat Situs www.mypajero.com dan seluruh microsite beserta aplikasi MyPajero (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
    • Sebagai pihak penyedia Platform, MyPajero tidak berperan sebagai penjual barang, melainkan sebagai media perantara bagi Penjual dan Pembeli untuk melakukan transaksi melalui Platform MyPajero. Mohon untuk melihat point tentang pembebasan tanggung jawab.
    • MyPajero dapat atau tidak dapat melakukan penyaringan awal terhadap Pengguna atau Konten atau informasi yang diunggah oleh Pengguna di Platform MyPajero, sehingga MyPajero berhak untuk menghapus setiap Konten atau informasi yang diunggah oleh Pengguna di Platform MyPajero apabila dianggap perlu dari waktu ke waktu. Keputusan MyPajero merupakan keputusan mutlak yang tidak dapat diubah/digugat oleh Pengguna.
  2. Sistem Pembayaran

    MyPajero bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan sistem pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di Platform MyPajero bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Pelapak (Penjual). Metode Pembayaran yang disediakan melalui Platform MyPajero, antara lain:

    • Transfer Bank
    • Cicilan Kartu Kredit
    • Virtual Account
    • Cicilan Non-Kartu Kredit
    • Internet Banking
    • Payment Gateway
    • Direct Debit
    • Uang Elektronik
    • Chat/Kirim Pesan a. MyPajero menyediakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” bagi Pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain antar Pengguna baik Pelapak (Penjual) maupun Pembeli, untuk menanyakan produk yang ingin dibeli sesuai dengan Aturan Penggunaan. Melalui fitur “Chat” / “Kirim Pesan”, Pembeli dapat menanyakan barang yang hendak dibeli kepada Pelapak (Penjual), yakni terkait dengan harga barang, ketersediaan stok barang, ataupun hal lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi barang yang dibeli oleh Pembeli. Terdapat beberapa fungsi yang terdapat pada Layanan “Chat” / “Kirim Pesan”, antara lain: * Daftar “Chat” / “Kirim Pesan” - Mengaktifkan atau mematikan notifikasi suara. - Mematikan “Chat” / “Kirim Pesan”. - Membuka halaman Kirim Pesan. - Melakukan pencarian Kirim Pesan. - Membuka jendela “chat” dari daftar Kirim Pesan. - Membuka jendela “chat” dari daftar langganan. * Jendela “Chat” / “Kirim Pesan”: - Melaporkan pengguna yang mengirimkan chat/pesan. - Memblokir pengguna yang mengirimkan chat/pesan. - Membuka chat/pesan yang dikirimkan pengguna lain, di halaman pesan. - Melihat lapak pengguna yang mengirimkan chat/pesan. - Mengirim chat/pesan. - Melampirkan file foto/gambar (barang jualan milik pengguna lain, barang jualan milik sendiri, gambar). b. Pengguna disarankan untuk tidak menggunakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” selain untuk kepentingan bertransaksi di MyPajero.
    • Ekspedisi Pengiriman Barang MyPajero bekerja sama dengan Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi untuk menyediakan pilihan metode pengiriman barang, guna memudahkan setiap transaksi yang berlangsung di Platform MyPajero, bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Pelapak (Penjual), kecuali untuk Layanan Ambil Sendiri. Adapun Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi yang telah bekerja sama dengan MyPajero, antara lain: a. Ninja Xpress b. TIKI c. J&T d. Go-Send e. Pos Indonesia f. SiCepat g. Grab h. JNE i. Wahana j. Alfatrex k. Lion Parcel
    • Saldo a. MyPajero Credit * MyPajero Credit merupakan sarana penampung dana yang disediakan oleh MyPajero kepada setiap pengguna terdaftar. MyPajero Credit dapat menyimpan dana hasil penjualan (remit), dana hasil pengembalian transaksi (refund), dan dana pembayaran transaksi. * Pengguna dapat mengelola saldo MyPajero Credit masing-masing dengan melakukan pencairan (withdrawal) ke rekening bank yang didaftarkan. Melalui MyPajero Credit. * Terdapat 3 tab status pada fitur MyPajero Credit, yaitu Mutasi, Pending dan Credits. Tab Mutasi menyimpan informasi penambahan dan pengurangan saldo MyPajero Credit yang berhasil dilakukan. Tab Pending menyimpan informasi penambahan dan pencairan yang belum berhasil atau tertunda. Sedangkan tab Credits menyimpan saldo yang dibeli,reward atau hadiah yang didapatkan dari MyPajero.
    • Pengiriman a. Pengiriman adalah layanan pengiriman barang yang disediakan oleh MyPajero bagi Pengguna, di mana MyPajero bekerja sama dengan pihak jasa ekspedisi sebagai pihak penyedia jasa pengiriman barang. b. Dalam hal ini MyPajero hanya berperan sebagai media perantara antara Pengguna layanan Pengiriman dengan pihak jasa ekspedisi pengiriman barang. c. Pengguna tidak wajib berperan sebagai Penjual atau memiliki lapak di Platform MyPajero untuk menggunakan layanan Pengiriman, sehingga layanan Pengiriman dapat digunakan oleh siapa pun yang hendak melakukan pengiriman barang yang telah memiliki akun MyPajero. d. Pengguna yang menggunakan layanan Pengiriman dapat melakukan pemantauan terhadap barang yang dikirim melalui sistem MyPajero. e. Segala bentuk peraturan terkait dengan syarat dan ketentuan pengiriman barang dalam layanan Pengiriman sepenuhnya ditentukan oleh pihak jasa ekspedisi pengiriman barang dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak jasa ekspedisi pengiriman barang. f. Pengguna layanan Pengiriman wajib membaca, memahami, serta mengikuti syarat dan ketentuan pengiriman barang yang ditentukan oleh pihak jasa ekspedisi pengiriman barang. g. Pengguna layanan Pengiriman bertanggung jawab penuh atas barang yang dikirimnya. h. Segala bentuk risiko dan kerugian yang timbul akibat kerusakan, kehilangan, kecacatan atau kekurangan jumlah pada barang selama proses pengiriman barang berlangsung ataupun pada saat proses pengiriman barang telah selesai, sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pihak jasa ekspedisi.